satuju.com

Copyright © satuju.com
All rights reserved
Desain by : Aditya

Kapolsek Daik Lingga Melaksanakan Giat Antisipasi Peredaran Obat Sirup Yang Dilarang Oleh Pemerintah

SATUJU.COM LINGGA - Dengan adanya himbauan Ikatan Dokter Anak Indonesia pada tanggal 19 Oktober 2022. Hari ini Kapolsek daik lingga melalui kapolsubsektor penuba AIPDA Andi Saputra beserta Kepala UPT Pukesmas Penuba Herman, S.Kep, Kepala Desa Penuba Safri. MY, Kepala Desa Pantai Harapan Firman, Banit Yanmas Polsubsektor Penuba BRIPDA Andika Laksono melakukan pengecekan sekaligus himbauan kepada toko dan warung yang berada di desa penuba agar sementara tidak menjual obat dalam bentuk sirup kepada masyarakat, Sabtu, (22/10/2022).

Pangecekan dilakukan sekitar pukul 10.00 Wib sampai dengan selesai di beberapa toko dan warung yang berada di desa penuba kecamatan selayar, Kapolsubsektor penuba AIPDA Andi Saputra meminta kepada pemilik toko untuk sementara tidak menjual obat-obatan dalam bentuk sirup kepada masyarakat sampai adanya pemberitahuan kembali oleh pemerintah.

Beliau juga Mensosialisasikan kepada pemilik Toko terkait Surat penjelasan BPOM RI tentang Informasi Keempat Hasil Pengawasan BPOM Terhadap Sirup Obat Yang Diduga Mengandung Cemaran ETILEN GLIKOL (EG) dan DIETILEN GLIKOL (DEG).

Untuk selanjutnya Kapolsek Daik Lingga melalui Kapolsusektor penuba akan bekerjasama dengan intstansi terkait dalam melakukan himbauan lebih lanjut guna mempercepat edukasi dan mencegah terjadinya hal serupa mengenai tentang Kasus gangguan ginjal akut atipikal ( typical Progressive Acute Kidney Injury ) pada anak terhadap masyarakat.

Tak hanya sampai di situ, Kapolsubsektor penuba juga menghimbau “Kepada seluruh Masyarakat Kecamatan Selayar untuk lebih berhati-hati jika orang tua yang memiliki anak khususnya Balita untuk tidak memberikan obat cair/sirup secara bebas tanpa adanya resep dokter”, tutup AIPDA Andi Saputra.

(Bahtiar)