satuju.com

Copyright © satuju.com
All rights reserved
Desain by : Aditya

Pertandingan Pertama Grup C, Amerika Serikat Berbagi Angka dengan Wales

Para Pemain Amerika dan Wales Berebut Bola Udara

SATUJU.COM PIALA DUNIA - Pertandingan pertama Grup C antara Amerika Serikat vs Wales berakhir tanpa pemenang. Amerika bermain imbang 1-1 dengan Wales di Ahmed bin Ali Stadium, Selasa (22/11/2022) dini hari WIB.

Babak pertama menjadi milik Amerika sepenuhnya. Selain unggul dari segi possesion (66%) dan total tembakan (3), Amerika juga unggul satu gol lewat gol yang disarankan Timothy Weah di menit ke-36.

Wales gantian mendominasi di babak kedua. Wales sukses menciptakan lebih banyak tembakan (5-3) dibandingkan Amerika. Wales juga berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-82 lewat penalti Gareth Bale.

Hasil seri ini bisa dibilang adil bagi kedua tim yang hanya memainkan permainan terbaik mereka di masing-masing babak. Walaupun mungkin lebih berkesan bagi Wales yang akhirnya bisa merayakan gol setelah absen 64 tahun dari Piala Dunia.

Babak Pertama

Inisiatif yang dilakukan Amerika untuk menguasai bola cukup merepotkan Wales di awal pertandingan. Wales sendiri kesulitan untuk mengembangkan permainannya.

Hasilnya bisa dilihat di menit ke-9. Amerika mendapatkan dua peluang beruntun. Peluang pertama lahir dari salah antisipasinya Joe Rodon yang nyaris membobol gawang sendiri saat coba memotong umpan silang Timothy Weah.

Tak sampai semenit, Amerika kembali mendapatkan peluang. Kali ini Josh Sargent mendapatkan umpan silang matang, gagal menyundul bola dengan akurat dan bolanya hanya menyamping tipis dari gawang Wales.

Penguasaan bola Amerika sungguh dominan. Setengah jam pertandingan berjalan, Amerika unggul penguasaan bola mencapai 65 persen. Wales di sisi lain hanya mengandalkan serangan balik.

Penantian Amerika akhirnya terbayarkan di menit ke-36 lewat gol yang disarangkan Weah. Ia berhasil lepas dari penjagaan Neco Williams dengan bergerak dari sayap ke tengah untuk mencari ruang kosong saat menerima umpan terobosan Christian Pulisic.

Sampai babak pertama, Amerika yang unggul dari penguasaan tampak kesulitan menyerang dengan hanya melepas tiga tembakan. Sementara Wales mampu ciptakan dua peluang, yang tak berbahaya.

Babak Kedua

Wales mengubah pendekatan bermainnya di awal babak kedua. Anak asuhan Robert Page ini jadi lebih percaya diri menguasai bola.

Namun di saat yang bersamaan, Amerika juga mengubah pendekatan bermainnya dengan menurunkan blok pertahanannya.

Sampai menit ke-70, Amerika sama sekali tidak menciptakan tembakan lagi. Sementara Wales baru bisa mencatatkan tembakan tepat sasaran di menit ke-64.

Berawal dari tendangan bebas dekat dengan kotak penalti, bola menjadi liar karena tidak bisa dibersihkan Amerika. Ben Davies lalu muncul dari belakang melakukan sundulan sambil terbang. Arahnya tepat, tetapi dapat ditepis Matt Turner menjadi sepak pojok.

Kemudian di situasi sepak pojok, Kieffer Moore yang gantian mengancam. Ia mendahului Turner yang coba merebut bola. Tetapi sundulan Moore masih melambung tipis di atas mistar.

Serangan bertubi-tubi Wales akhirnya membuahkan hasil di menit ke-81. Walker Zimmerman melakukan pelanggaran terhadap Gareth Bale di kotak terlarang. Wasit utama Abdulrahman Ibrahim Al Jasim langsung menunjuk titik putih.

Bale yang maju sebagai algojo dengan tenang dan percaya diri mengeksekusinya. Tanpa ampun tendangannya ditembakkan dengan kuat ke sisi kiri Turner. Skor imbang di menit ke-82.

Wales kembali mendapatkan peluang di menit ke-89. Berawal dari serangan balik, Moore berhasil memberikan umpan terobosan kepada Brennan Johnson. Karena tidak ada opsi lain di kotak penalti, Johnson melepas tembakan dari sudut sempit yang dapat diamankan dengan mudah oleh Turner.

Peluang tersebut menjadi peluang berbahaya terakhir yang tercipta di pertandingan ini.

(Arya)