satuju.com

Copyright © satuju.com
All rights reserved
Desain by : sarupo

Digagas T Rusli Ahmad, SANTAN NU Peringati Hari Hutan Sedunia Dan Hari Air Sedunia

Ket. Poto : Ketua Umum DPP Santri Tani Nahdatul Ulama T Rusli Ahmad, SE

Dumai - Dalam Rangka memperingati hari Hutan Sedunia dan Hari Air Sedunia, dengan diawali penanaman secara simbolis oleh Ketua Umum Santri Tani NU dan forkompinda Prop Riau dan walikota bersama forkompinda kota dumai dan undangan lainnya. Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Santri Tani Nahdatul Ulama (SANTAN NU) menggelar Penanaman 10.000 (Sepuluh Ribu) Bibit mangrove dan penebaran 100.000 (Seratus Ribu) Benih ikan di kota Dumai, Minggu (21/3/21).

Pada acara tersebut dihadiri oleh Walikota Dumai H. Paisal, SKM, MARS sekaligus Ketua Dewan Pembina DPD SANTAN NU kota Dumai dan Ketua Umum MUI Riau Prof. DR. H. Ilays Husti, MA dan selaku ketua DPW Santan NU Provinsi Riau, Dewan Pakar SANTAN NU Prof. Ashaludin Jalil. 

Kapolda Riau Irjenpol Agung Setya Imam Effendi, SH, SIK, M.Si., yang diwakili Waka Polres kota Dumai Ernis Sitinjak, Danrem 031 / Wirabima Brigjend TNI M. Syech Ismed, SE, Mhan, Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro, Danlanal Dumai Kolonel laut (P) Himawan, MMSMC, diwakili Pas Intel ROQI, Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Riau Stephen Sanjaya, Ketua Dewan Pembina PSMTI Riau Peng Sunyoto, B. Com.

Ketum Aliansi Pewarta Pertanian Indonesia (APPI) Alexander Pranoto Ketua DPD APPI Riau Romi, Ketua DPD SANTAN NU Kab. Inhu Indra, SE. 

ket.poto : Walikota Dumai H. Pasal, SKM, MARS dan selaku Pembina DPD SANTAN NU Kota Dumai

Dari Unsur DPD SANTAN NU kota Dumai, Ketua, H. Khairul Kamal, ST, Ketua Dewan Pakar Dr. Rodi Wahyudi, S.Sos, M. Soc. Sc, Ketua Dewan Penasehat: H. Ery Makmur, Bendahara Hadi Nadif, SE, Wakil Sekretaris Oki. 

Ketua umum SANTAN NU T. Rusli Ahmad mengatakan penananaman Pohon Mangrove berkaitan dengan Hari Hutan Sedunia dan Hari Air Sedunia.

Ia mengungkapkan bahwa Kota Dumai yang dekat dengan Tepian Pantai rentan terhadap abrasi yang diakibatkan oleh gelombang laut.

Iya, penanaman pohon bakau di Kota dumai sangat perlu dilakukan.

“Provinsi Riau, khususnya Dumai ini daerah tepian pantainya dihantam oleh gelombang-gelombang Laut, sehingga pinggir pantainya akan terkikis dan habis”. 

ket.poto : Danrem 031 / Wirabima Brigjend TNI M. Syech Ismed, SE, Mhan. 

Ditambahkan Rusli, Kegiatan yang di Taja oleh SANTAN NU itu di dukung oleh pemerintah Pusat.

“Harapan kami dengan sentuhan ini, kehutanan Ibu Siti Nurbaya akan berkunjung ke sini (Dumai-red) melihat tepian pantai. Yang kedua, salah satu direktur PUPR, semua Satker dan para pembuat keputusan alhamdulilah mendukung kami, "terang Ketum SANTAN NU itu.

Ia berharap dengan adanya dukungan itu, pemerintah Riau Khususnya Pemerintah Kota Dumai dapat menindaklanjutinya untuk kemajuan Provinsi Riau dan Kota Dumai Khusunya.

ket.poto : Ketua Umum MUI Riau Prof. DR. H. Ilays Husti, MA dan selaku ketua DPW Santan NU Provinsi Riau,​​​​​​

“Tinggal saja bagaimana Riau dan Dumai menjalin kerjasama yang baik untuk melakukan percepatan pembangunan yang ada di Dumai ini,” tutur Alumni UNRI itu.

Walikota Dumai H. Paisal, SKM, MARS yang meresmikan Pelaksanaan Kegiatan Penanaman 10.000 (Sepuluh Ribu) Pohon Mangrove membangkitkan kegiatan yang dilakukan oleh SANTAN NU menjadi momentum kemajuan untuk kota Dumai.

Alhamdulillah hari ini ALLAH SWT memberi keberkahan kita semua, dan InsyaALLah Momen Hari Hutan Sedunia ini dan Hari Air Sedunia ini menjadi momen terbaik Kota Dumai.

H Paisal pada kesempatan itu ucapan terimakasih kepada Ketum SANTAN NU T. Rusli Ahmad yang telah menggagas peringatan Hari Hutan dan Air Sedunia di Kota Dumai.

“Kami mengucapkan terimakasih yang sebesarnya kepada Kiayi Rusli yang telah menggagas acara ini, saya melihat, dengan keikhlasan pak Tengku Rusli cinta dengan kota Dumai”.

Mantan kepala RSUD Dumai itu juga menjelaskan bahwa Pemko Dumai memiliki program mengembangkan tambak udang vename. Saat ini, ia menjelaskan bahwa pemko dumai telah menyiapkan lahan seluas 2 hektar yang akan digunakan sebagai proyek percontohan pengembangan tambak udang Vename. 

“Dengan kondisi covid-19 ini kita harus melakukan inovasi bagaimana meningkatkan ketahanan pangan, dengan bantuan pak Danrem dan pak Kapolres sudah ada MoU untuk Santri Tani nya, dan InsyaAllah kita siapkan lahan dua hektar, dan dengan bantuan dari Bapak Tengku Rusli, kita kan bersama-sama menghadap ibu Siti Nurbaya, dan ibu mentri siap membantu kita,"tutur H Paisal.

Diakhir sambutannya Walikota Dumai itu mengajak kepada seluruh muspida dan masyarakat  untuk bersama-sama membantu mengembangkan kota dumai.

Mewakili Forkompinda Provinsi Riau, Danrem 031/Wirabima Brigjend TNI M. Syech Ismed, SE,Mhan, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan yang digagas oleh SANTAN NU memperingati Hari Hutan dan Air sedunia sangat luar biasa.

“Artinya dengan kegiatan ini kita ingin menyampaikan kepada seluruh masyarakat riau khususnya, dan masyarakat Indonesia umumnya, bahwa kita di Provinsi Riau atau di Kota Dumai ini sangat perduli dengan kondisi hutan kita, dan kita juga sangat perduli dengan kondisi air kita.

Danrem 031 Wira Bima itu mengatakan momentum peringatan  hari Hutan Sedunia dengan menanam bibit bakau sangat luar biasa. Dengan adanya hutan bakau ini dapat menahan terjadinya abrasi di pesisir pantai kota Dumai. “Kontribusi kita pada hari ini sangat besar untuk bangsa ini”,tuturnya.

Diakhir sambutannya, Brigjend TNI M. Syech Ismed menghimbau ke kepada masyarakat untuk menjaga hutan dan air agar bias di wariskan kepada anak cucu nantinya.

“Saya mewakili Forkompinda Provinsi riau mengucapkan selamat kepada Pak Rusli Ahmad atas kegiatan hari ini, penanaman 10.000 (sepuluh ribu) bibit pohon mangrove, dan penebaran seratus ribu benih ikan, yang nantinya akan dinikmati oleh anak cucu kita. Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Dumai dan seluruh masyarakat Riau, mari bersama sama kita melestarikan hutan dan kita menjaga sumber air yang ada. Untuk kita dan untuk anak cucu kita, "tutup Jendral bintang satu itu.

Dikutip dari Wikipedia, Hari Hutan Sedunia diperingati pertama kali pada tanggal 21 Maret 2013 berdasarkan resolusi PBB pada 28 November 2012. Peringatan ini akan dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 21 Maret untuk saling berbagi mengenai visi misi kehutanan dan kaitannya dengan perubahan iklim di seluruh dunia serta strategi yang harus dilakukan.

Sedangkan Hari Air Sedunia (Hari Air Sedunia) adalah yang melayani sebagai usaha-usaha yang menarik perhatian publik akan pentingnya air bersih dan usaha penyadaran untuk pengelolaan sumber-sumber air bersih yang berkelanjutan.

Hari Air Sedunia diperingati setiap tanggal 22 Maret, inisiatif peringatan ini di umumkan pada Sidang Umum PBB ke-47 tanggal 22 Desember 1992 di Rio de Janeiro, Brasil.

Selain penanaman bibit magrove dan penebaran benih ikan, rangkaian kegiatan itu, juga memberi bantuan bedah rumah nelayan sebesar 15 (Lima Belas) Juta Rupiah, penyerahan Buku untuk pustaka pokdarwis dan PAUD, dan penyerahan bantuan honor guru ngaji dikampung nelayan terluar 1 (satu) Juta perbulan selama mengajar. (Merah)