Kalaksa BPBD Bengkalis Siap Lakukan Antisipasi Dini Karhutla

Rapat koordinasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Bengkalis

Bengkalis, Satuju.com - Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis diwakili kepala bidang pencegahan dan kesiapsiagaan H. Kusnen, S.Sos menghadiri rapat koordinasi Pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Kecamatan Rupat Tahun 2023, yang dilaksanakan di ruang rapat Aula Kantor camat Rupat di kabupaten Bengkalis. selasa pagi (23/5/2033). 

Kepala Bidang pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD Bengkalis H Kusnen dalam arahannya menyampaikan, sejumlah kecamatan yang berpotensi mengalami kebakaran hutan dan lahan harus tetap waspada terhadap munculnya titik api secara tiba-tiba.

"Antisipasi bencana merupakan perintah dan komitmen bersama pemerintah kabupaten Bengkalis, upaya penanganan sejak dini dapat meminimalisir dampak terhadap bencana. tentunya BPBD berupaya hadir ditengah - tengah masyarakat, selain itu, kepedulian masyarakat terhadap korban bencana juga semakin baik, " ujar H Kusnen

Lebih lanjut Kusnan mengatakan, dengan terjalinnya koordinasi yang baik di lintas sektoral kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Bengkalis dapat diminimalisir, semua telah paham tugas masing-masing untuk mengantisipasi kalau terjadi kebakaran hutan. kemudian untuk persiapan sarana dan prasarana yang dimiliki BPBD saat ini sudah tidak ada masalah, dan siap digunakan jika terjadi bencana, " jelas H Kusnen

Dalam Rapat koordinasi sejumlah elemen turut hadir, diantaranya Camat Rupat Hariadi, S.Sos, M.si, Danramil 04 Rupat Kapten Inf. Tarman Sugianto, S.Sos, Kapolsek Rupat Iptu. Siswoyo, SH, Babinsa dan bhabinkamtibmas, pihak perusahaan dari PT. SRL, PT. Priatama, Kades dan Lurah se Kecamatan Rupat, perwakilan masyarakat pemilik kebun serta Staf BPBD Bengkalis.