"Jaga Berita, Jaga Cinta, Jaga Indonesia"

Kemenkominfo RI Gelar Webinar Series III "Cerdas Berdemokrasi"

PEKANBARU - Direktorat Informasi dan Komunikasi Politik, Hukum dan Keamanan, Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI akan menggelar kegiatan Webinar Series III ‘Cerdas Berdemokrasi’ yang digelar di Hotel Pangeran Pekanbaru pada Kamis (27/5/21).

Kegiatan dengan tema "Jaga Berita, Jaga Cinta, Jaga Indonesia" tersebut diikuti secara offline oleh 50 wartawan yang bertugas di Kota Pekanbaru Riau dan ratusan peserta online atau daring dari berbagai kota di tanah air.

Hadir sebagai narasumber Mayong Suryo Laksono (Anggota Dewan Pengawas LKBN Antara), Dwitri Waluyo (Redaktur Pelaksana Portal Berita InfoPublik.ID), Heru Margianto (Redaktur Pelaksana Kompas.com) dan Emrus Sihombing (Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Pelita Harapan).

Disampaikan Direktur Informasi dan Komunikasi Politik, Hukum, dan Keamanan Kemenkominfo RI, Bambang Gunawan, webinar tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan audiens tentang demokrasi Pancasila di era infodemik Covid-19.

"Selain itu, tujuannya juga untuk meningkatkan kesadaran audiens tentang pemberitaan media massa dalam kerukunan masyarakat, bangsa, dan Negara, serta mendorong perubahan perilaku audiens agar positif dan penuh cinta kasih dalam pemberitaan media massa,” jelas Bambang secara tertulis, Senin (24/5/21).

Pada kegiatan ini, para peserta offline yang mengikuti rangkaian acara melewati protokol kesehatan (PROKES) yang ketat, di antaranya mencuci tangan, pengecekan suhu tubuh dan menjalani tes rapid antigen sebelum acara dimulai.

Tempat duduk peserta juga diberi jarak. Hal ini dilakukan demi menjaga keamanan serta kesehatan para peserta, panitia dan juga mendukung iven dengan penerapan cleanliness, health, safety dan environment sustainability (CHSE). 

Acara itu juga diwarnai dengan lucky draw pulsa senilai Rp100 ribu untuk 100 peserta webinar dan doorprize voucher belanja.(Red)