Beberapa Cara yang Dapat Dilakukan untuk Atasi Perut Kembung

Ilustrasi

Satuju.com - Perut kembung adalah sensasi tertekan atau kepenuhan di perut dan terkadang disertai dengan perut yang terlihat buncit. Kondisi tersebut menimbulkan rasa tidak nyaman hingga menyakitkan. Kembung bisa hilang dalam beberapa saat dan bisa saja terjadi secara berulang.

Melansir klikdokter.com, untuk mengatasi kondisi tersebut, ada sejumlah cara mengeluarkan angin dalam perut dengan cepat yang bisa kamu terapkan, di antaranya:

1. Batasi Makanan dan Minuman Penyebab Kembung
Batasilah asupan makanan dan minuman yang banyak mengandung gas. Contoh makanan ini adalah makanan tinggi serat, makanan pedas, produk olahan susu, dan kacang-kacangan. 

Makanan makanan tersebut tidak dapat diserap sempurna oleh lambung dan usus halus. Akibatnya, ketika sampai di usus besar, makanan dipecahkan oleh sejumlah bakteri yang menghasilkan pelepasan gas. Contoh makanan yang dikandungnya yaitu kubis, kol, brokoli, asparagus, jamur, bawang, kismis, apel, pir, keju, dan yoghurt.

Menurut penelitian yang dimuat Gastroenterology & Hepatology, membatasi asupan dengan kandungan oligosakarida, disakarida, monosakarida, dan poliol yang difermentasi juga efektif mengurangi gas di dalam perut.

Meski begitu, kamu tidak perlu sama sekali menghindari makanan tersebut. Karena asupan makanan tersebut tetap diperlukan untuk memenuhi kebutuhan gizi kamu, maka cukup batasi jumlahnya saja ya! 

Kamu juga perlu membatasi konsumsi minuman yang dapat menyebabkan perut banyak gas, misalnya minuman berkarbonasi, soda, bir, serta minuman tinggi fruktosa atau glusitol (gula alkohol), seperti jus buah.

2. Perbanyak Konsumsi Air Putih 
Cara menghilangkan gas dalam perut bisa dilakukan dengan perbanyak minum air putih. Selain memenuhi kebutuhan cairan agar terhindar dari risiko dehidrasi, minum banyak air putih juga bisa mengurangi perut kembung.

Pastikan untuk meminum air putih secara perlahan dan tidak terburu-buru ya! 

3. Makan dan Minum Secara Perlahan
Makan dan minum terlalu cepat bisa menyebabkan banyak udara masuk ke dalam saluran pencernaan. 

Oleh karena itu, biasakan untuk makan dan minum secara perlahan agar perut tidak mudah kembung.

4. Membatasi Porsi Sekali Makan 
Porsi makan terlalu besar bisa membuat perut kenyang berlebih, begah, dan kembung. Oleh karena itu, coba batasi porsi sekali makan. Makanlah dalam jumlah sedikit, tapi sering. 

Manfaat makan dalam porsi kecil juga tidak memberatkan kerja organ-organ di pencernaan.

5. Aplikasikan Kompres Hangat pada Perut 
Gunakan kompres hangat saat perut terasa kembung. Suhu hangat dapat membantu melebarkan pembuluh darah sehingga melancarkan peredaran darah di saluran pencernaan.

Selain itu, otot-otot perut menjadi lebih rileks sehingga membantu mengurangi keluhan nyeri perut dan kembung. Kompres hangat perut menggunakan kain selama 10-15 menit.

6. Lakukan Aktivitas Fisik
Duduk diam tidak akan mengurangi keluhan akibat terlalu banyak gas di perut. Karenanya, banyak gerakan saat perut terasa kembung, misalnya dengan melakukan olahraga ringan.

Olahraga ringan dapat mengendurkan otot-otot di pencernaan dan memperlancar pembuangan gas dari tubuh. 

7. Pijat Perut
Saat perut terasa begah, coba pijat perut kamu. Selain melancarkan sistem pencernaan, pijatan adalah cara mengeluarkan gas di dalam perut.

Kamu dapat melakukan gerakan memutar disertai tekanan ringan searah jarum, lalu lakukan sebaliknya.

8. Konsumsi Minuman Herbal
Minuman herbal, seperti kamomil, kunyit, jahe merah, lemon, kamomil dapat membantu mengurangi keluhan perut begah dan kembung. Konsumsilah minuman ini saat hangat agar meningkatkan kenyamanan perut dan membantu mengeluarkan gas di dalamnya.

9. Tidak Merokok
Ketika merokok, udara dapat tertelan lebih banyak. Hal ini bisa membuat gas berlebih di perut dan menimbulkan kembung.

10. Tidak Mengunyah Permen Karet
Udara berlebih dapat tertelan karena aktivitas mengunyah permen karet. Hal ini bisa terjadi pula ketika kamu menghisap benda tertentu, seperti ujung pena atau permen yang keras, maupun menggunakan gigi palsu yang longgar.