Ingin Pengelolaan Sampah Tertata, Pj Wako Muflihun Dorong DLHK Lelang Angkutan Sampah 2024 Selesai Tahun Ini

Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru, Muflihun

Pekanbaru, Satuju.com - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) mendorong Pejabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun untuk segera melakukan lelang angkutan sampah tahun 2024. Lelang dilakukan untuk mencari operator pihak ketiga dalam mengelola angkutan sampah.

Ia pun menargetkan lelang ini angkutan sampah bisa selesai dalam tahun ini juga. Sehingga pada awal Januari 2024 sudah bisa langsung jalan.

“Insya Allah bisa (selesai lelang). Bisa tidak bisa kita harus tanggung jawab,” ujar Muflihun, Kamis (30/11).

Dirinya ingin sampah yang ada di Kota Pekanbaru terangkut tanpa kecuali. Pihaknya tidak ingin ada lagi alasan sampah yang diangkut sudah sesuai tonase dalam kontrak.

Pasalnya pada tahun ini, masih didapati sejumlah tempat penampungan sementara (TPS) sampah yang menumpuk. Sampah tidak terangkut secara menyeluruh ke TPA.

“Kita mau bagaimana terkelola sampah itu sampai habis, jadi tidak ada lagi nanti bicara tak cukup dan sebagainya. Kita ingin sampah itu memang sampai terpungut habis dibuang ke TPA,” ujar Muflihun.

Diketahui bahwa rencana swakelola pengelolaan angkutan sampah batal dilakukan pada tahun 2024. Pemko Pekanbaru memutuskan masih menggunakan jasa pihak ketiga untuk mengangkut sampah dari sumber sampah hingga tempat pembuangan akhir (TPA).

Ada dua zona yang akan dilelang Pemko Pekanbaru untuk diangkut sampahnya oleh pihak ketiga. Sementara satu zona lagi direncanakan akan menggunakan sistem swakelola yang nantinya akan dilakukan oleh pihak kecamatan bersama DLHK Kota Pekanbaru.