Diselenggara PUPR Bengkalis Hari Bakti ke-78, Bupati Kasmarni: Kualitas Infrastruktur Harus Ditingkatkan

Bupati Bengkalis di sambut langsung Kadis PUPR, Ardiansyah,.ST,.MT, didampingi Sekretaris PUPR Erdila Fitryadi.

BENGKALIS, Satuju.com - Puncak Hari Bakti PUPR ke-78, dengan mengusung tema, "Sigap Membangun Negeri" yang di peringati setiap tanggal 3 Desember, yang di senggarakan oleh Dinas Pekerjaan Umam, Penataan Ruang Kabupaten Bengkalis, bertempat halaman Kantor Dinas PUPR, Jalan Pertanian Desa Senggoro, Kecamatan Bengkalis, Minggu 03 Desember 2023.

Diacara puncak Hari Bakti dinas PUPR Bengkalis di hadiri Bupati Bengkalis, Kasmarni,.S.Sos,.M.MP, Wakil Bupati Bengkalis, DR. H. Bagus Santoso,.MP, juga menyertakan Bupati Bengkalis ke-14, H. Amril Mukmin, SE,.MM, Sekda Bengkalis, dr. Hersan Saputra, Kejari Bengkalis, Zainur Arifin Syah, Kapolres Bengkalis, AKBP Satyo Bimo Anggoro, Kepala Bappeda Bengkalis, Rinto, SE,.M.Si dan Seluruh Prokompinda Kabupaten Bengkalis.

Kedatangan Bupati Bengkalis di sambut langsung Kadis PUPR, Ardiansyah,.ST,.MT, didampingi Sekretaris PUPR Erdila Fitryadi, Kabid Sumber Daya Air, Indra Budiman, Kabid Bima Marga Irjauzi Saukani, Kabid Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Isruyadi, Kabid Cipta Karya Dani Satria, Kabid Jasa Konstruksi Budi dan Kabid Tata Ruang Ratih beserta seluruh jajaran Dinas Pekerjaan Umum, Penantaan Ruang.

Dalam kata Selamat Bupati Bengkalis Kasmarni mengucapkan, Selamat Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-78 tahun 2023, khusus kepada seluruh insan PUPR Kabupaten Bengkalis. atas komitmen komitmen serta kerja keras dan kerja berkualitasnya dalam melaksanakan tugas membangun infrastruktur negeri junjungan ini.

“Insan-insan PUPR, terus dituntut agar memiliki komitmen yang tinggi guna menyelesaikan seluruh tugas-tugas yang telah diamanahkan, ke depan tugas kita semakin besar, untuk harus membangun lebih banyak lagi infrastruktur yang lebih berkualitas yang cerdas dan juga ramah lingkungan terutama dalam membuka akses infrastruktur, penghubung antara Kecamatan maupun antar desa dan kelurahan yang ada di negeri ini,” ujar Bupati. 

Kedepan ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian Insan PUPR, yang pertama adalah kualitas infrastruktur harus benar-benar ditingkatkan dan harus dimulai dari tahap perencanaan pelangan hingga pelaksanaan yang berkualitas, Begitu juga terkait pengawasan harus dilakukan secara intensif dan juga berjenjang dengan mengoptimalkan peran dan fungsi teknik serta para konsultan pengawas di lapangan, agar akuntabel lebih efisien dan juga saling menguntungkan pekerjaan.

“Perlu diperhatikan dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur, kita harus selalu bekerja sesuai dengan komponen, yaitu bekerja keras bekerja cepat dan bertindak tepat dalam satu tim kerja,” kata Bunda Pembangunan.

Sejalan dengan tema Bakti Pekerjaan Umum ke-78 tahun 2023, yakni air kesejahteraan air untuk kesejahteraan bersama, tema ini, sengaja diangkat oleh Kementerian Pekerjaan Umum, mengingat air masih menjadi tantangan yang cukup besar di banyak daerah termasuk kita di kabupaten Bengkalis.

Dari sisi akses distribusi kualitas serta bencana yang disebabkan oleh udara, karena guna menjawab semua tantangan tersebut tentunya Insan PUPR harus lebih ekstra, membangun Sinergi dengan berbagai pihak yang ada di negeri ini,” ucap Bupati Kasmarni.

Pada kesempatan yang sama, Kadis PUPR, Ardiansyah menyampaikan kepada, sang motivator yang memberikan kepercayaan kepada dirinya yang masih muda pada waktu itu, untuk memimpin PUPR sampai hari ini, yaitu kepada Bupati Bengkalis ke-14 Pak Amril Mukminin.

Tanpa henti dengan tantang dari bidang hutan, bidang lahannya dan bidang cuaca dan segala macamnya hari ini, masih bisa berjalan dengan baik dan penuh semangat sehingga pembangunan infrastruktur tetap berjalan di kabupaten Bengkalis ini.

“Kadis PUPR, menceritakan flashback tahun 2021, tepatnya di bulan Februari 2021 di mana pada waktu itu, kami dievaluasi oleh Ibu Bupati dan Wakil Bupati, pada waktu itu program 100 hari kerja beliau jajaran yang diberikan, Tiga tugas penting. adalah menginventarisasi apa saja kegiatan- kegiatan yang pada waktu itu belum terselesaikan atau belum fungsional dan apa solusinya," ceritanya.

Kemudian Ibu Bupati Kasmarni, sudah mengetahui kondisi APBD yang semakin menurun sehingga beliau menugaskan, bagaimana menjemput pula ke pusat ke APBN sehingga ini merupakan satu Salah satu tugas berat bagi dinas pupr.

"Kita harus fokus dengan beberapa kegiatan yang bisa diselesaikan dalam masa kepemerintahan beliau ini, adalah tiga tugas penting yang harus kami jalankan pada waktu ibu untuk menggerakkan visi dan misi bupati dan wakil bupati Bengkalis, di situ kami melakukan kolaborasi dengan Bappeda, berkolaborasi dengan OPD yang berada pada waktu itu, kemudian, kami berkolaborasi dengan berbagai tipe folder per tim juga ada pada waktu itu bagaimana kita bisa menjemput bola dari pusat atau APBN, yang ada.

Alhamdulillah hari ini, jalan di rupat sudah terbangun 9,7 KM, dengan harga 60 miliar, pembangunan embung yang ada di Bengkalis sebesar 30 miliar, Kami coba untuk menyelesaikannya satu persatu sehingga dari beberapa agenda yang kami rencanakan ada beberapa yang sudah bisa kami realisasikan yang pertama pembangunan Tiga Kantor Camat yang ada di daratan batin balapan salam Mandau dan Bandar Laksmana, daerah tetesan yang ada di Siak kecil itu bekas dan belum fungsionalnya.salah satu irigasi daerah yang terbaik se Provinsi Riau.

"Pembangunan Jalan Gajah Mada yang dibangun dari tahun 2017 di zaman Bupati ke-14, di tahun 2022 kemarin 33 Km, jalan sudah tuntas 

Selanjutnya pembangunan jalan dua jalur di desa harapan yang merupakan wisata kuliner sudah terwujud dan tinggal sedikit, Jalan Lingkar Barat yang selama ini, di dambakan masyarakat Mandau dengan tangan dingin Bupati Kasmarni, izin dari Jalan Lingkar Barat bisa terwujud. jalan tersebut sudah bisa fungsional,” ungkapnya.

Kemudiaan pembangunan gedung Daerah tahun 2008 hari ini, sudah kita sulap menjadi Mall Pelayanan Publik (MMP) yang terbesar se-Indonesia, memang masih banyak tantangan yang harus kita hadapi ke depan salah satu yang cukup berat. Merupakan mimpi dari masyarakat Pulau Bengkalis wacana yaitu pembangunan jembatan Bengkalis sungai pakning, ini merupakan satu tantangan yang cukup berat bagi kami, 

PUPR melalui visi dan misi Ibu Bupati Kasmarni bermarwah maju dan sejahtera yaitu bermasa, Kalau hari ini di Indonesia ada Bapak infrastruktur yaitu Pak Presiden Jokowi, dan di Kabupaten Bengkalis menyatakan hari ini,

Dikabupaten Bengkalis, kami punya Bunda infrastruktur yaitu Bunda Kasmani S.Sos,.M.MP, sekalian saya yakin dan percaya apabila Allah mengizinkan Bunda Kasmani bisa satu periode lagi untuk duduk di sini kami yakin dan percaya jalan akan selesai di tahun 2029 serta pembangunan jembatan Bengkalis Sumatera yang merupakan mimpi Pulau Bengkalis akan terwujud." tutup Kadis PUPR.