Cegah Abrasi dan Jaga Keanekaragaman Hayati, Pemcam Bantan Laksanakan Penanaman Mangrove di Desa Muntai

Penanaman Mangrove di Desa Mentai

Bengkalis, Satuju.com - Pemerintah Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis menggelar penanaman pohon mangrove di PTR 186A Kuala Desa Muntai, Selasa (26/12/2023). Hal tersebut dilakukan dalam rangka mewujudkan penangkalan abrasi di pesisir pulau terluar Indonesia serta meningkatkan sinergisitas pemerintah Kecamatan Bantan, Koramil 01 Bengkalis, Polsek Bantan dan Pemerintah Desa Muntai.

Pelaksanaan penanaman dihadiri Camat Bantan yang diwakili Kasi Trantib, Jayusni, S.E., Sy, Danramil 01 Bengkalis beserta anggota, Kapolsek Bantan beserta anggota dan Danposal Muntai beserta anggota.

Kemudian Distrik Navigasi Muntai, Kelompok Mangrove teluk pambang dan Kelompok Mangrove Desa Muntai, ketua BPD Desa Muntai, Ibu PKK Muntai dan anggota dan RT. RW. LPM serta Perangkat Desa Muntai.

Camat Bantan yang diwakili Kasi Trantib, Jayusni, S.E., Sy mengungkapkan penanaman mangrove ini penting dilakukan dalam menjaga lingkungan dari abrasi serta memiliki banyak manfaat ekologis.

"Sistem mangrove menyediakan habitat yang penting bagi beragam spesies hewan dan tumbuhan, termasuk ikan, burung, dan moluska," ungkap Jayusni.

Ia juga mengatakan bahwa Keberadaan mangrove yang sehat juga membantu menjaga keanekaragaman hayati di wilayah pesisir Pantai muntai, mempertahankan populasi spesies yang rentan, dan memelihara kesuburan perairan.

"Penanaman mangrove menjadi salah satu solusi berkelanjutan untuk dapat mengatasi abrasi pantai dan menjaga kelestarian ekosistem pesisir pantai pulau kecil terluar dari NKRI," tuturnya.