Untuk Selidiki Penyalahgunaan Kuota Jemaah, Pansus Hak Angket Haji Disahkan DPR

Suasana Pengesahan Pansus Hak Angket Haji Disahkan DPR

Jakarta, Satuju.com - Pembentukan pantia khusus (pansus) hak angket penyelenggaraan ibadah haji telah disahkan Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Pengesahan ini disampaikan Cak Imin dalam Rapat Paripurna DPR RI Ke-21 Masa Sidang V Tahun Sidang 2023-2024 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 9 Juli 2024. 

"Kini saatnya kami menanyakan kepada sidang Dewan. Apakah pembentukan dan susunan nama-nama pengurus Pansus angket pengawasan haji sebagaimana yang diusulkan dapat kita setujui, setuju ya, terimakasih," kata Muhaimin di Ruang Rapat Paripurna, pada Selasa (9/7/2024).

Muhaimin menyatakan, komposisi anggota Pansus yakni 7 orang PDIP, 4 orang Golkar, 4 orang Gerindra, dan 3 orang NasDem. Serta 3 orang PKB, 3 orang Demokrat, 3 PKS, 2 orang PAN, dan 1 orang PPP.

"Saudara-saudara, yang saya hormati, komposisinya sesuai dengan tata letak nama-nama tersebut. Jadi, kami menyusun nama-nama anggota Pansus dari semua faksi yang ada," katanya.

Muhaimin menambahkan, pihaknya menilai masih ada permasalahan layanan bagi jemaah haji di Arab Saudi. Ia mempermasalahkan soal tenda yang tidak sesuai dengan kapasitas hingga katering bagi jemaah.