satuju.com

Copyright © satuju.com
All rights reserved
Desain by : sarupo

Lembaga Jemad Dan CV.BSI Beri Bantuan Bibit Manggis Kepada 4 Kelompok Tani

DUMAI - Lembaga Jemad (Jelajah Mania Dumai) bersama CV.BSI (Buah Segar Indonesia) melaksanakan kegiatan penyerahan bibit tanaman manggis dan pinang batara kepada 4 Kelompok Tani Bunga Tanjung Kelurahan Bukit Datuk Kecamatan Dumai Selatan. Minggu (11/04/2021).

Penyerahan bantuan bibit 4 kelompok tani ini bertujuan tentang kepedulian Lembaga Jemad dan CV.BSI terhadap pelestarian lingkungan. Oleh karena itu, Lembaga Jemad dan CV. Buah Segar Indonesia ajak seluruh masyarakat Bunga Tanjung menanam manggis dan pinang batara.

Program penanaman manggis dan pinang batara ini di gagas oleh Lembaga Jemad  Dumai yang dipimpin oleh Mhd.Budianto dan Dirut CV.Bah Segar Indonesia yang disapa akrabnya Datuk Amin.

Selain melestarikan lingkungan, penanaman manggis dan pinang batara ini juga di yakini akan lebih bermanfaat kepada masyarakat Bunga Tanjung.

Junaidi yang kerap disapa Atan Ketua RT.28 Bunga Tanjung merasa terbantu dengan adanya program penghijauan berproduktif yang menghasilkan ini, sebab Atan juga salah satu Ketua Kelompok Tani di Bunga Tanjung.

Menurut Atan, ia meyakini prospek lima tahun kedepan program ini akan mengatasi lemahnya ekonomi masyarakat di Kelurahan Bukit Datuk khususnya masyarakat Bunga Tanjung jika masyarakat punya keinginan menanam manggis dan pinang batara.

"Saya melihat program penghijauan menghasilkan yang di gagas oleh Lembaga Jemad dan CV.BSI ini akan mengatasi lemahnya prekonomian masyarakat bunga tanjung 2,5 hingga 5 tahun kedepan," ucap Atan. 

Program pelestarian lingkungan yang di gagas oleh Lembaga Jemad dan CV. Buah Segar Indonesia turut melibatkan seluruh elemen masyarakat di kelurahan Bukit Datuk khususnya masyarakat Bunga Tanjung.

Sejauh ini penanaman sudah melibatkan beberapa organisasi yang aktif di Kota Dumai antara lain SPN (Serikat Pekerja Nasional), Karang Taruna Dumai, GPK (Gerakan Pemuda Ka'bah) dan beberapa organisasi lainnya yang sedang disusun jadwal penanaman nya.

Selain itu, program Lembaga Jemad dan CV.Buah Segar Indonesia juga mendapat dukungan Walikota Dumai, dengan pertemuan singkat beberapa waktu lalu, untuk ikut mendorong program ini agar tercapai target penanaman pohon manggis dan pinang batara se Kota Dumai. Yang mana Walikota Dumai juga akan menggalakan masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong di tanami berbagai jenis tanaman, dengan tujuan antisipasi karhutla. 

Ketua Umum Lembaga Jemad Mhd.Budianto melalui Ketua Bidangnya Ihwan Nazli Hasan didampingi Sekretarisnya Khairul menyampaikan, maksud dan tujuan penghijaun berpenghasilan ini untuk menciptakan lahan ekonomi baru bagi masyarakat Kelurahan Batu Teritip dan membawa perubahan ekonomi yang sejahtera dimasa mendatang.

"Program penghijauan menghasilkan yang kita laksanakan hari ini, sebagai bentuk kita untuk mengubah ekonomi masyarakat Bunga Tanjung dimasa 2,5 hingga 5 tahun kedepan. Oleh karena itu, jika ini berjalan, maka masyarakat disini nantinya  bisa menjadi contoh ketahanan Ekonomi di bidang pertanian/perkebunan." pungkas ihwan.

Zulkifli yang kerap di sapa Datuk Amin selaku Dirut CV. Buah Segar Indonesia menjelaskan, bahwa perusahaannya adalah salah satu perusahaan yang terdaftar di Kementan RI sebagai perusahaan eksportir buah manggis dari 70 perusahaan yang ada di Indonesia.

Datuk Amin menjelaskan, bahwa masyarakat tidak perlu ragu atau khawatir apabila program ini berjalan tidak ada yang membelinya. 

"Masyarakat tidak perlu khawatir, CV. BSI siap MoU untuk sebagai jaminan masyarakat 2,5 hingga 5 Tahun kedepan jika menanam manggis dan pinang batara. Yang mana MoU tersebut untuk lebih menambah kepercayaan masyarakat," ucap Datuk Amin. 

Selain itu, lanjut Datuk Amin, pihaknya akan memberikan bantuan bibit manggis kepada masyarakat yang mempunyai lahan, akan tetapi tidak mampu membeli bibit dengan mekanisme yang berlaku.

"Program kita ini adalah salah satu bentuk kepedulian kita kepada masyarakat serta membantu salah satu peran pemerintah, yang mana bertujuan meningkatkan perekonomian masyarakat dibidang pertanian," tandas Datuk Amin.**