Pinjol Merambah Kampus, 58 Mahasiswa UMY Terjerat Pinjaman

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Yogyakarta, Satuju.com - Sebanyak 58 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) belum lama ini terjerat Pinjaman Oline (Pinjol). Hal ini terungkap setelah dilakukannya survei secara acak oleh UMY.

Melansir tvonenews.com, temuan tersebut disampaikan oleh Rektor UMY Prof gunawan Budianto saat ditemui usai membuka Masa Taaruf (Mataf UMY 2023) di Sportorium UMY, Senin (11/9/2023). 

"Saat ini Pinjol sudah bergerak dari kamar ke kamar kos. Ini pun kita baru acak dan kita belum survei detail,  ada 58 mahasiswa  yang terperangkap dalam pinjol," ungkap Gunawan Budianto. Gunawan menyebut, alasan para mahasiswa mengambil pinjol bukan untuk kebutuhan perkuliahan. Namun, karena faktor gaya hidup mahasiswa. 

Kondisi ini sangat disayangkan. "Mereka pinjam uang bukan untuk bayar kuliah tetapi untuk gaya hidup. Misalnya untuk ganti sepeda motor dan ain sebagainya," ujarnya. 

Menurut Gunawan, maraknya pinjol ilegal membuat pihak kampus khawatir akan banyak mahasiswa yang terjebak.  Jika tidak bisa membayar tepat waktu maka akan dikejar-kejar sehingga akan menganggu belajarnya. "Dari 58 mahasiswa itu ada banyak yang sudah lunas, dan mereka cerita kalau bunganya besar, bisa 20 persen. Pinjaman mereka antara Rp 5 juta, Rp 10 juta ," kata Gunawan.

Gunawan metasa yakin jika jumlah mahasiswa yang terjerat pinjol lebih 58 mahasiswa yang secara terbuka mengakui telah meminjam uang di pinjol. Ia bahkan memprediksi sedikitnya di tiap prodi ada yang menggunakan pinjol. 

Namun kemungkinan banyak yang malu mengungkapnya ketika ditanya saat survei. "Saya yakin masih banyak mahasiswa yang tidak berterus terang telah terjerat pinjol. Bahkan sejumlah terkena imbasnya karena ikut ditagih saat mahasiswa yang terjerat pinjol belum membayar. Oleh karena itu saya berharap OJK segera bertindak. Ini bunganya sangat besar," papar Gunawan. 

Maraknya pinjol di lingkungan kampus yang menawarkan dari pintu ke pintu kos mahasiswa, membuat pihak kampus khawatir. Guna mencegah semakin banyaknya mahasiswa yang terjerat pinjol, pihak kampus UMY juga akan memperingatkan mahasiswa baru mengenai hal tersebut dalam Masa Ta'aruf Mahasiswa Baru UMY 2023/2024 (MATAF UMY) yang mulai diadakan pada Senin (11/9/2023) di Sportorium UMY .