Penting! Alasan Mengapa Harus Hemat Energi Listrik

Ilustrasi

Satuju.com - Listrik merupakan energi yang dapat disalurkan melalui penghantar berupa kabel, adanya arus listrik dikarenakan muatan listrik mengalir dari saluran positif ke saluran negatif. Dalam kehidupan manusia listrik memiliki peran yang sangat penting.

Listrik dapat dihasilkan dari berbagai sumber, seperti pembangkit listrik tenaga air, panas bumi, tenaga angin, dan tenaga surya.

Menghemat listrik adalah upaya kita bersama untuk menjalani kehidupan yang lebih baik di rumah, di kantor, di masjid, atau dimanapun kita berada. Ada berbagai alasan mengapa kita harus menghemat listrik dengan berbagai cara yang mendatangkan banyak manfaat. Sebenarnya Menghemat energi, salah satunya menghemat listrik itu sangat mudah. Kita hanya perlu memperhatikan hal-hal kecil yang mungkin tidak terasa sebagai tindakan boros energi.

Melansir gramedia.com, berikut alasan mengapa kita harus menghemat listrik dengan baik saat ini:

1. Penghematan Biaya
Salah satu cara untuk mengelola rumah tangga seseorang adalah dengan mengurangi konsumsi penggunaan daya energi listriknya. Dengan berhemat, ada tabungan yang dapat diarahkan untuk pengeluaran yang lebih bermakna, misalnya untuk anak sekolah dan keperluan sosial seperti Infaq, Shodaqoh, dan lain sebagainya.

2. Konsumsi Listrik yang Berdampak Tinggi Pada Peningkatan Pemanasan Global
Sampai saat ini listrik masih banyak yang bersumber dari batubara sebagai bahan bakar yang menyisakan limbah berupa emisi karbon dan pencemaran lingkungan. Semakin tinggi konsumsi daya listrik, maka semakin tinggi pula emisi CO2 yang dapat merusak atmosfer bumi.

Akibat kerusakan atmosfer dapat mempengaruhi pemanasan global yang parah. Dengan menghemat energi listrik, kita telah melindungi bumi dari pemanasan global. Jadi bisa dikatakan alasan kita harus hemat listrik adalah untuk kebaikan kita juga sebagai makhluk bumi.

3. Persediaan Bahan Bakar Fosil yang Tidak Dapat Diperbaharui
Persediaan bahan bakar fosil seperti batubara jumlahnya sangat terbatas. Lebih buruk lagi, bahan bakar ini bukanlah sumber daya alam yang dapat diperbarui. Butuh jutaan tahun untuk mendapatkannya kembali. Oleh karena itu, menghemat energi listrik merupakan salah satu cara untuk menghemat persediaan bahan bakar juga.

4. Melindungi Pembangkit Listrik Dari Kerusakan Mendadak
Semakin tinggi konsumsi energi listrik, maka semakin sulit pengerjaan pembangkit tersebut. Jika generator dipaksa untuk menghasilkan energi listrik lebih dari kapasitasnya karena penggunaan yang boros, dapat menyebabkan kerugian. Kerusakan PLTU berdampak pada pemadaman listrik. Tentu saja, jika pembangkit listrik rusak dan sering terjadi pemadaman listrik, itu juga akan menimbulkan kerugian yang lebih besar.

5. Perlu Perilaku Disiplin
Sikap hemat listrik merupakan salah satu metode pendidikan yang praktis. Ini tentu bukan hanya sebuah teori. Sikap hemat listrik merupakan salah satu faktor untuk membiasakan perilaku disiplin di rumah atau kantor dan kepedulian kita terhadap semua hal yang lebih besar, yakni untuk bumi kita sendiri.

6. Salah Satu Cara Menjalankan Perintah Agama
Allah dan para rasulnya, yang menjalankan perintah agama, memerintahkan kita untuk menjadi orang yang sederhana. Jangan suka boros atau menyia-nyiakan sesuatu. Boros dalam menggunakan listrik berarti menggambarkan mubazir yang merupakan salah satu sikap Syaithan. Jika kita menghemat energi listrik, maka itu artinya kita sudah menjalankan salah satu perintah Allah SWT dan teladan dari Nabi Muhammad SAW.

7. Terbatasnya Kapasitas Pembangkit Listrik Saat Ini
Sebenarnya kapasitas pembangkit listrik itu sangatlah terbatas jumlahnya. Jika seluruh pemakaian listrik dilakukan secara boros, maka dapat menyebabkan konsumsi listrik melebihi kapasitas pembangkit. Hal tersebut tentu bukan hal yang baik, dimana sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

8. Pasokan Listrik Yang Dihasilkan Belum Dapat Memenuhi Kebutuhan Listrik Semua Orang
Tahukah kamu jika pasokan listrik kita masih terbatas, yakni belum bisa memenuhi kebutuhan semua orang.Terutama di daerah-daerah pedalaman yang kesulitan mengakses listrik. Jika bisa berhemat, maka sisa kapasitas daya listrik tersebut bisa diarahkan ke orang lain yang tidak mendapat diskon daya listrik ini.

9. Penghematan Subsidi
Sebagian konsumen listrik masih menerima subsidi dari negara. Semakin boros konsumsi listrik, maka semakin tinggi pula biaya subsidi yang harus ditanggung negara. Menghemat listrik juga membantu menjaga anggaran negara tetap stabil dan sehat. Jika pemborosan listrik dilakukan oleh banyak orang, maka ada kemungkinan juga memberikan kerugian bagi negara secara signifikan. Itulah sebabnya kita sudah sepatutnya sadar bahwa kita harus berupaya dengan sebaik mungkin dalam menghemat energi listrik dengan penggunaan secukupnya saja.