satuju.com

Copyright © satuju.com
All rights reserved
Desain by : Aditya

Mahasiswa Kukerta Balek Kampung Universitas Riau Gelar Giat Literasi di TK Bina Edukasi

PEKANBARU - Senin (16/08/21), mahasiswa Kukerta Universitas Riau melakukan kegiatan literasi berupa dongeng dan cerita bersama murid TK Bina Edukasi kelurahan Rejosari yang beralamat di Jalan Pemuda, Pekanbaru. 


"Kegiatan literasi ini bertujuan untuk mengembangkan pekerti yang baik, meningkatkan pengetahuan dan pemahaman anak-anak melalui kegiatan mendongeng dan budi. Selain itu, kegiatan ini bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan mendengarkan dan kreativitas anak serta dapat mengasah imajinasi, mendidik karakter, dan menjadi hiburan bagi anak.


Dalam pantauan, Kegiatan ini diadakan selama dua hari di dua kelas, waktu pelaksanaan berlangsung selama satu jam. Dalam satu kelas berisi enam orang anak, dengan mematuhi protokol kesehatan, memakai masker dan menjaga jarak.


Mahasiswa kukerta balek kampung Kelurahan Rejosari memulai kegiatan dengan berkenalan sambil bernyanyi bersama, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian yang berjudul Tikus dan Singa. Anak-anak diminta untuk menyimak dongeng yang disampaikan oleh mahasiswa kukerta lalu menceritakan kembali dongeng tersebut. Kegiatan memperhatikan ini memerlukan perhatian dan konsentrasi agar anak mampu memahami makna yang disampaikan dalam dongeng tersebut. 


Setelah kegiatan mendongeng, mahasiswa meminta anak-anak untuk menceritakan gambar yang berkaitan dengan cerita yang diceritakan sebelumnya. Anak-anak di TK Bina Edukasi antusias dengan dua kegiatan tersebut. Di akhir kegiatan, peserta terbaik mendapatkan sertifikat dan hadiah sebagai kenang-kenangan.