satuju.com

Copyright © satuju.com
All rights reserved
Desain by : Aditya

DWP Bersama KTHM Bengkalis Tanam Mangrove, Hj. Akna Jutia Sempat Berbagi Bingkisan

Bengkalis,(Riau) satuju.com   - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Bengkalis Bersama ratusan orang ibu-ibu dari jumlah Kelompok Tani Hutan Mangrove yang datang dari Desa Jangkang, Desa Deluk, Desa Papal, Desa Bantan Sari, Desa Bantan Timur, Desa Muntai Barat dan Desa Muntai Kecamatan Bantan. Rabu, (15/9/21).


Dalam pantauan, tetap mematuhi standar pencegahan penularan Covid 19 yaitu dengan cara masker. Sempena menyambut hari ulang tahun Darma Wanita Persatuan Kabupaten Bengkalis melakukan penanaman kurang lebih 900 batang pohon bakau jenis bakau dan api-api dipantai pulau terdepan, terluar wilayah kepemilikan indonesia, yaitu pulau bengkalis yang berhadapan langsung dengan selat Malaka batas antara Indonesia-Malaysia.


Kegiatan yang di hadiri oleh kurang lebih 80 orang pengurus berserta anggota Darma Wanita Persatuan Kabupaten yang mendapat dukungan sekaligus ikut serta melakukan penanaman mangrove oleh ratusan orang ibu-ibu dari 7 Kelompok 7 Desa binaan LSM Ikatan Pemuda Melayu Peduli Lingkungan (IPMPL), tepat nya di lokasi kegiatan PANTAI WISATA RAJA KECIK. 


Sebelum acara penanaman di lakukan terlebih dahulu dilakukan penyerahan bibit mangrove oleh DR. H. Suwarto selaku sekretaris Koprasi Ikatan Pemuda Melayu Peduli Lingkungan bersama Pengurus LSM Ikatan Pemuda Melayu Peduli Lingkungan selaku penyedia bibit mangrove serta selaku penggagas gerakan upaya penyelamatan wilayah terdepan  kedaulatan indonesia khususnya pulau bengkalis yang setiap waktu tebing pulau nya terus berjatuhan hancur menjadi lautan akibat dihantam ombak selat Malaka.


Usai penyerahan bibit selesai, peserta penanam langsung di pimpin oleh Pengurus Darma Wanita Persatuan Hj. Akna Juita, Bustami, Wakil ketua Hj. Umi Rozali, Hj. Ernawati Raja,

Sekretaris Hj.Jemi Khairul,

Bendahara Khairani Alwi bersama Solihin ketua LSM IPMPL, Kusmayadi wakil Ketua LSM IPMPL, DR. Suwarto sekretasi Koprasi IPMPL dan Deny Amirudin selaku Penasehat LSM IPMPL. 


Melakukan penanaman mangrove pada dua lapis, yaitu lapis terdepan atau pertama yang mengarah keselat Malaka  dilakukan penanaman bibit pohon mangrove jenis api-api, sementara lapis kedua atau dibelakang antara penanaman pohon api-api dengan tebing pantai dilakukan penanaman bibit pohon mangrove jenis bakau.


Yang sangat menarik perhatian sejumlah masyarakat pada saat kegiatan berlangsung, Terlalu seriusnya ingin melakukan penanaman ketua Darma Wanita Persatuan Kabupaten Bengkalis (Hj. Akna Juita) merupakan istri dari sekda Bengkalis H. Bustami terpaksa dipapah oleh sejumlah orang mengharungi lumpur yang lumayan dalam untuk tetap melakukan penanman mangrove. 


Tindakan yang luar biasa nekad dilakukan oleh seorang pejabat pejabat tinggi struktur di kabupaten bengkalis tersebut mendapat tanggapan positif dari masyarakat setempat sebagaimana diungkapkan oleh zamri "kalaulah semua istri pejabat semacam istri sekda ni (Hj. Akna Juita) kita sebagai masyarakat cukup bangga, karena beliau tipe orang yang betul-betul serius dan nekat, berani mengharung lumpur yang begitu dalam memotivasi masyarakat untuk menyelamat pulau kita ini yang ingin hancur" ungkap nya.


Usai melakukan, penanaman Darma Wanita Persatuan melalui ibu Hj. Akna Jutia memberikan sedikit buah tangan berupa bantuan sebanyak 30 bingkisan sembako yang pada saat itu diserahkan secara simbolis kepada salah seorang warga setempat yang kurang mampu. Sementara itu disalurkan kepada orang tua Du'afa lainnya.(Red)