Kerjasama dengan Tiga SMP Swasta, Disdik Pekanbaru Uji Coba Sekolah Gratis

SMP YLPI Pekanbaru

Pekanbaru, Satuju.com - Kerjasama dalam hal uji coba sekolah gratis dengan tiga Sekolah Menengah Pertama (SMP) swasta. Ketiga sekolah tersebut di antaranya SMP YLPI, SMP Tribhakti, serta SMP Telkom.

Nantinya, peserta didik baru tahun ajaran 2024/2025 yang melanjutkan pendidikan di tiga SMP dimaksud tidak akan dipungut uang pembangunan maupun SPP.

Kerjasama sendiri akan diawali pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2024/2025. Ketiga SMP swasta itu akan mengikuti PPDB secara serentak dengan SMP negeri.

Kepala Disdik Kota Pekanbaru Dr.H. Abdul Jamal, M.Pd mengatakan, untuk uji coba sekolah gratis tersebut pihaknya telah menandatangani MoU dengan SMP YLPI, SMP Tribhakti dan SMP Telkom.

"Jadi untuk biaya sekolahnya gratis, itu yang kita minta kemarin, sekolah ini tanpa ada SPP maupun uang pembangunan. Makanya kita lakukan MoU," ungkapnya, Jumat (31/5/2024).
Disampaikan Jamal, kerjasama dengan tiga SMP swasta itu juga salah satu upaya Disdik Pekanbaru guna membantu meningkatkan jumlah peserta didik di tiga sekolah bersangkutan.

Di samping itu, kerjasama juga bertujuan agar calon peserta didik yang tidak bisa tertampung di sekolah negeri, mereka bisa bersekolah di sekolah swasta secara gratis.

“Makanya kita uji coba dulu, karena persyaratannya berat kita buat. Artinya, dia sama diberlakukan seperti negeri, tidak ada uang pembangunan, uang pangkal, kita juga minta keringanan SPP supaya masyarakat mau masuk ke situ (sekolah swasta)," ucapnya.
Terkait anggaran operasinal yang dibutuhkan tiga SMP swasta itu, Disdik Pekanbaru menyatakan tidak ada pengalokasian dana khusus maupun subsidi.

"Cuma kemarin ada kita janjikan, kita akan bantu (anggaran operasional) dari zakat profesi guru. Kemudian sekolah swasta ini kan masih dapat dana BOS juga dari pusat. Kalau subsidi dari kita tidak ada," tutup Jamal.