Austria Raih Kemenangan Krusial 3-2 Lawan Belanda di Piala Eropa 2024

Austria vs Belanda

Jakarta, Satuju.com - Kemenangan krusial diraih Austria di laga terakhir grup D Euro 2024. Berhadapan dengan Timnas Belanda, Austria menang dengan skor 3-2.

Pertandingan yang digelar di Olympiastadion Berlin ini berlangsung dengan sengit. Kedua tim langsung melakukan jual beli serangan sejak awal laga.

Namun apes bagi Belanda, gawang mereka sudah bobol di menit keenam. Berawal dari umpan tarik Prass dari sisi kiri, Donyell Malen mencoba memotong bola, namun bola malah masuk ke gawang Belanda. Austria unggul 1-0 di laga ini.

Berada di posisi tertinggal, Belanda mencoba bangkit. Mereka meningkatkan intensitas serangan mereka untuk menyamakan kedudukan.

Di menit ke-23, Belanda nyaris mencetak gol melalui aksi Malen, namun sayang tembakannya masih melebar tipis dari gawang Austria.

Sementara Austria baru membuat peluang berbahaya lagi di menit ke-39, setelah tembakan jarak jauh Marcel Sabitzer berhasil memaksa Verbruggen melakukan penyelamatan krusial di laga ini.

Hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 bertahan untuk keunggulan Austria.

Memasuki babak kedua, Belanda langsung tampil menekan. Mereka mencoba mengincar gol cepat untuk menyamakan kedudukan.

Baru dua menit babak kedua berjalan, Belanda berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Menerima umpan dari Xavi Simons, Cody Gakpo melepaskan tembakan melengkung di kotak penalti dan masuk ke gawang Austria.

Namun skor 1-1 ini tidak bertahan lama. Karena di menit ke-59, Austria kembali mencetak gol. Kali ini, Romano Schmid sukses menanduk bola hasil umpan silang Grillitsch dengan sempurna dan mengoyak gawang Belanda. Austria berhasil unggul kembali dengan skor 1-2.

Kembali ke posisi tertinggal, Belanda mencoba menaikkan intensitas serangan mereka. Mereka mencoba untuk mencetak gol tambahan agar terhindar dari kekalahan.

Pada menit ke-77, pendukung Belanda bersorak setelah Memphis Depay sukses menjebol gawang Austria dengan tendangan chip-nya. Namun VAR sempat memeriksa gol tersebut, karena dalam proses terciptanya gol itu, Wout Weghorst yang memberikan bola ke Depay terindikasi melakukan handsball.

Dalam tayangan ulang terlihat bahwa memang bola mengenai tangan sang striker, namun tangan Weghorst dianggap berada dalam posisi natural sehingga wasit mengesahkan gol tersebut. Skor kembali sama kuat 2-2.

Tiga menit berselang, Belanda kembali tertinggal dengan skor 3-2. Berawal dari skema serangan balik, Marcel Sabitzer berhasil menghadapi satu lawan satu dengan Verbruggen lalu melepaskan tembakan dan menjadi gol.

Pada sisa pertandingan, Belanda mencoba mengejar ketertinggalan. Namun skor 3-2 tetap bertahan hingga peluit tanda berakhirnya pertandingan berbunyi.

Berkat hasil ini, Austria menggusur Belanda dari posisi runner up grup D Euro 2024 dan lolos ke babak 16 besar. Sementara Belanda menduduki peringkat ketiga, dan mereak tetap lolos ke peringkat ketiga terbaik.