Buka Jurus Silat! Aksi Prabowo Usai Pulih Pascaoperasi

Aksi Prabowo Usai Pulih Pascaoperasi

Jakarta, Satuju.com - Saat menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan pada awal pekan ini, ada momen menarik saat Menteri Pertahanan sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto yang memamerkan gaya silat hingga berlari kecil untuk memastikan dirinya benar-benar pulih setelah menjalani operasi.

Hal itu terjadi saat Prabowo tiba di kompleks Istana Kepresidenan pada Senin (8/7/2024). Prabowo, yang mengenakan kemeja putih dan peci hitam, bertanya kepada wartawan mengenai kondisinya setelah menjalani operasi besar cedera kaki. Dia lalu mengacungkan dua jempol untuk menyatakan sudah fit dalam bertugas.

Dalam kesempatan itu, Prabowo tak menjelaskan lebih lanjut mengenai kondisinya setelah pulih dari cedera. Mantan Pangkostrad itu hanya berbicara tentang Presiden Jokowi yang meyakini bahwa dia akan mengikuti seluruh rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Prabowo sepakat atas hal itu dan menilai pentingnya peran BPK.

"Insyaallah ya BPK itu yang penting, BPK andalan kita," kata Prabowo.

"Ke depan BPK harus lebih ketat mengawasi kita tidak menginginkan adanya kebocoran, kita tidak menginginkan uang rakyat tidak dapat dipertanggungjawabkan tiap rupiah harus kita amankan, kita yakinkan berguna untuk bangsa dan rakyat," sambungnya.

Pekan lalu, Prabowo juga menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara Polri ke-78 setelah selesainya operasi pemulihan cedera kaki kirinya. Momen Prabowo menghadiri acara ini terekam dalam video yang disiarkan Humas Menhan.

Prabowo mengenakan jas warna abu-abu. Ia turun dari mobil putihnya didampingi ajudannya, Walikota Teddy Indra Wijaya.

Prabowo disambut oleh Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. Kemudian, mereka berjalan di atas karpet merah menuju pusat arena puncak acara peringatan HUT ke-78 Bhayangkara ini.

Selain Prabowo dan Sigit, tampak di video ada Ketua MPR Bambang Soesatyo serta Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi. Mereka disambut oleh masyarakat yang antusias menonton.

Tayangan selanjutnya, Presiden Jokowi beserta Iriana Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin berjalan di atas karpet merah. Tampak pula Ketua DPR Puan Maharani. Prabowo berjalan di belakangnya.

Prabowo terlihat mengenakan tanda kehormatan yang diberikan Polri beberapa waktu lalu. Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Utama yang disematkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Kabar Prabowo telah selesai menjalani operasi cedera kaki itu disampaikan langsung lewat Instagram resminya, @prabowo. Dia mengucapkan terima kasih atas dukungan Presiden Jokowi hingga para tim dokter.

"Selamat malam sahabat semua, saya ucapkan syukur alhamdulillah kepada Allah SWT beserta ucapan terima kasih kepada tim dokter yakni Brigjen TNI Purn dr. Robert Hutauruk, Kolonel dr. Sunaryo, dr. Siska Widayati, dibantu dengan dr. Thomas, dan seluruh perawat serta para tenaga medis di RSPPN Sudirman atas keberhasilan tindakan operasi besar yang dilakukan kepada saya," tulis Prabowo beberapa waktu lalu.

"Terima kasih kepada Presiden RI @jokowi yang sudah memberikan dukungan moril dan doa," sambung dia.

Prabowo lantas menceritakan terkait kaki kirinya yang sempat cedera karena kecelakaan terjun payung ketika bertugas pada 1980-an. Dia mengaku masih merasakan cedera tersebut sampai saat ini.

"Seperti sudah diketahui banyak pihak, saya pernah mengalami 2 kali kecelakaan terjun payung saat bertugas di TNI pada tahun 80an di kaki kiri saya, cidera ini selama ini masih saya rasakan," tulis Prabowo.

Prabowo juga menyadari tindakan medis yang dijalaninya penuh risiko. Selain itu, dia menyebut tindakan medis itu mempertaruhkan nyawa.

"Saya sadar dan paham bahwa tindakan medis yang saya jalani penuh dengan resiko dan pertaruhan nyawa, saya yakinkan diri bahwa semua ini untuk Negara dan Bangsa, saya juga yakin tim dokter dan seluruh tenaga medis yang menanganinya pun handal dan profesional," tutur dia.

Meski begitu, Prabowo bersyukur tindakan medis tim dokternya berhasil. Dia yakin bisa kembali sehat walafiat seperti sedia kala.

"Puji syukur 1 minggu lalu tim dokter berhasil melakukan tindakan medis untuk memulihkan cidera yang saya alami selama ini. Insya Allah dengan kondisi sehat walafiat ke depan saya semakin siap untuk berbakti dan mengabdi untuk Negara dan Rakyat Indonesia. Terima kasih kepada seluruh masyarakat atas doa dan dukungannya," ungkap Prabowo.

Sementara itu, Presiden Jokowi bersyukur Prabowo sukses menjalani operasi cedera kaki kirinya. Jokowi berharap Prabowo segera pulih sehingga bisa semakin siap meyalani rakyat.

"Alhamdulillah operasi Bapak Prabowo @prabowo 1 minggu lalu berjalan dengan lancar," kata Jokowi lewat akun X @jokowi.

Jokowi menjelaskan, tindakan medis atau operasi itu berkaitan dengan cedera yang pernah dialami Prabowo ketika bertugas di TNI. Dia memastikan operasi tersebut sukses.

"Tindakan medis untuk pemulihan cedera yang pernah dialami Pak Prabowo ketika bertugas di TNI ini, berhasil dilakukan oleh tim dokter dan perawat di RSPPN Sudirman," ungkapnya.

Dia pun berharap agar Prabowo bisa segera pulih sepenuhnya sehingga bisa segera melayani rakyat.

"Mari kita doakan proses pemulihan pasca operasi besar Pak Prabowo, agar insyaallah semakin siap untuk mengemban tugas melayani masyarakat Indonesia," ujarnya.