satuju.com

Copyright © satuju.com
All rights reserved
Desain by : Aditya

Mahasiswa Kukerta Unri 2021 Praktekan Pembuatan Marmalade kepada Masyarakat Desa Baru

Pekanbaru, satuju.com - dalam rangkaian kegiatannya, mahasiswa yang tergabung pada kegiatan kuliah kerja nyata (Kukerta) Universitas Riau 2021 mensosialisasikan manfaat dari kulit jeruk kepada masyarakat Dusun Ini Desa Baru Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Selasa, (31/8/21). 


Kulit jeruk yang selama ini kurang diminati karena rasanya yang pahit disebabkan oleh senyawa flavonoid dan limonoid mengandung berbagai manfaat. 


Dibalik dari rasa pahitnya, kulit jeruk mampu menghambat pertumbuhan sel tumor pada kolon, mengontrol gula darah, mencegah penyakit berbahaya seperti kanker payudara dan kanker ovarium, menghambat perbanyakan virus HIV, sebagai detoksifikan, antimalaria, antimikroba, dan menurunkan kolesterol.


Salah satu olahan kulit jeruk yang dikembangkan oleh balitbangtan dinamakan marmalade. 


Marmalade merupakan Olahan jeruk  bertekstur seperti selai,  terdapat sensasi potongan jeruk di dalamnya, saat di konsumsi rasa manis dan pahit terasa pas lidah. 


Proses pembuatannya sangat mudah dengan bahan utama jeruk yang dipotong kemudian diperas, sari dari jeruk dicampur dengan kulit jeruk, gula pasir, CMC, dan asam sitrat yang dipanaskan hingga mengental lalu dikemas dan di lakukan pemanasan dengan suhu dibawah 70 derajat Celsius selama beberapa menit atau yang dikenal dengan istilah di pasteurisasi. 


Adapun perbandingan banyak sari jeruk nya dan gula pasir adalah 11 : 9. Jika gulanya terlalu banyak, akan terjadi kritalisasi.


Ditempat terpisah, Ghina, perwakilan dari mahasiswa kukerta UNRI 2021 yang turut mensosialisasikan manfaat dari kulit jeruk itu kepada awak media Rabu (8/9/21) berharap masyarakat Besa Baru mau mengkonsumsi kulit jeruk yang telah diolah menjadi marmalade, karena memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. 


"Besarnya manfaat buah jeruk bagi kesehatan diharapkan bisa menggugah kesadaran masyarakat di Desa Baru untuk lebih menyukai olahan jeruk seperti marmalade"ujar Ghina


Terlebih lagi ditengah pandemi Covid-19 seperti saat ini,  "daya tahan tubuh yang kuat mampu menangkal serangan virus, "tutup Ghina Kepada awak media.(red)