Pemko Pekanbaru Kembali Raih Penghargaan TPID Kota Terbaik di Kawasan Sumatera

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, meraih penghargaan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten/Kota Berkinerja Terbaik di kawasan Sumatera

Jakarta, Satuju.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, meraih penghargaan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten/Kota Berkinerja Terbaik di wilayah Sumatera kategori Sinergi Penanganan Inflasi dan Daerah Rawan Pangan sebanyak tiga kali berturut-turut.

Penghargaan itu diserahkan secara langsung oleh Presiden RI Ir H Joko Widodo kepada Pejabat (Pj) Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa S.STP M.Si, bertempat di Istana Negara, Jumat (14/6/2024).

Usai menerima penghargaan, Pj Walikota menyampaikan penghargaan sekaligus terima kasih kepada kementerian/lembaga, OPD lingkup Pemko Pekanbaru dan pemangku kepentingan terkait lainnya serta masyarakat dan pihak swasta yang telah bekerja sama dalam mengendalikan inflasi.

“Sehingga Kota Pekanbaru mendapatkan penghargaan dengan kategori TPID Kabupaten/Kota Berkinerja Baik di Kawasan Sumatera,” ucapnya.

Untuk itu, Pj Walikota berharap agar sinergitas yang terjalin tetap terjaga sehingga kota Pekanbaru dapat mempertahankan bahkan meningkatkan capaian kinerja dalam bidang pengendalian inflasi.

Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami di pemerintah kota Pekanbaru untuk semakin meningkatkan kinerja, khususnya terkait pengendalian inflasi di daerah, katanya.

Terpisah, Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution ST M.Si menambahkan, penghargaan TPID kategori terbaik tersebut adalah hal yang luar biasa dan berhasil dipertahankan sebanyak 3 kali berturut-turut.

"Ini tentu sesuatu yang luar biasa juga bagi kita, karena Kota Pekanbaru ini dilihat dari seluruh kebutuhan, rata-rata disuplai dari luar. Sejauh ini kita hanya bisa menyiapkan komoditi-komoditi kebutuhan di masyarakat angka 20 sampai 30 persen. Artinya, lebih dari 50 persen, itu didatangkan dari luar,' terang dia.

Mengingat sebagian besar kebutuhan bahan pokok yang datangkan dari luar daerah, lanjut Indra Pomi, untuk itu Pemko Pekanbaru tentu membutuhkan koordinasi dan kerjasama berbagai pihak guna meminimalisir penyampaian harga.

“Sehingga masyarakat kita bisa mendapatkan harga yang baik dan juga punya daya beli yang cukup,” ucapnya.

Jadi, kami terima kasih kepada semua pihak, termasuk pengusaha-pengusaha baik di sektor pangan dan lain-lain. Terima kasih kami bisa sama-sama menjaga (inflasi). Yang penting petani masih bisa untung, kemudian kita masyarakat membeli dengan harga terjangkau, tutup Indra Pomi.