Usai Lolos ke Semifinal Euro 2024, Timnas Belanda Bersiap Libas Spanyol

Timnas Belanda

Jakarta, Satuju.com - Usai lolos ke babak semifinal Euro 2024, pelatih timnas Belanda Ronald Koeman sudah bicara soal partai puncak dan rencana melawan Spanyol.

Koeman membawa anak asuhnya menang 2-1 atas Turki dalam laga perempat final, Minggu (7/7/2024) dini hari waktu Indonesia. Hasil tersebut memastikan Belanda bakal melawan Inggris di laga semifinal.

Sosok yang menjadi pemain saat Belanda menjadi juara Euro 1988 itu merasa laga melawan Inggris adalah duel akbar. Tak hanya berbicara tentang semifinal, Koeman juga menyinggung pertandingan final.

"Akan ada malam besar pada hari Rabu antara dua negara besar, malam yang bersejarah. Jika kami bermain di final, saya lebih memilih Spanyol karena kami sudah menghadapi Prancis di fase grup," kata Koeman dilansir dari situs resmi Euro.

"Tetapi yang pertama kami harus mempersiapkan yang terbaik agar bisa bermain dengan bagus di semifinal," tambahnya.

Koeman juga berbicara soal Inggris yang harus bermain 120 menit plus adu penalti untuk mengalahkan Swiss. Menurutnya Belanda tidak bisa mengambil keuntungan dari durasi pertandingan Inggris yang lebih lama ketimbang saat De Oranje mengalahkan Turki dalam 90 menit.

"Kemenangan memberi Anda perasaan yang bagus. Kami harus memulihkan kondisi, seperti halnya Inggris. Ini bukan masalah perbedaan fisik di antara kami, karena kami juga akan melakukan perjalanan seperti mereka. Jadi bukan masalah perbedaan fisik yang akan menentukan hasil akhir," terang Koeman.

Belanda merupakan salah satu negara yang masuk dalam peta kekuatan sepak bola dunia, namun baru meraih satu gelar bergengsi di pentas internasional yakni Euro 1988.

Kesempatan di Euro kali ini bisa menyudahi keringnya prestasi dari negara dengan kesebelasan nasional yang memiliki julukan 'timnas pusat' dari netizen Indonesia.