Kota Pekanbaru Berpotensi Hujan Lebat dan Angin Kencang

Ilustrasi

Jakarta, Satuju.com - Cuaca di Provinsi Riau diperkirakan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) akan didominasi oleh hujan ringan hingga sedang. Bahkan Kota Pekanbaru sudah diguyur hujan, Senin (8/7/2024) pagi.

Cuaca pagi, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprediksi melanda beberapa wilayah, termasuk Kabupaten Rokan Hulu, Bengkalis, Kampar, Siak, Kepulauan Meranti, Pelalawan, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, serta Kota Dumai dan Pekanbaru.

"Kemudian siang hingga sore, hujan ringan diperkirakan terjadi pada siang hingga sore hari di sebagian wilayah Kabupaten Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, dan Indragiri Hilir," ujar petugas BMKG Stasiun Pekanbaru, Deby, Senin (8/7/2024).

Lalu malam hari, cuaca akan didominasi oleh kondisi berawan dan udara kabur. Hujan ringan kemungkinan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir dan Rokan Hulu.

Namun BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk waspada terhadap hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang berpotensi disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah. Seperti Kabupaten Bengkalis, Kampar, Siak, Kepulauan Meranti, serta Kota Dumai dan Pekanbaru pada pagi, siang atau sore hari.

Untuk suhu udara tak begitu optimal bisa mencapai 33 derajat celcius, dengan kelembaban udara 60 – 98 persen. Tinggi gelombang di wilayah perairan Provinsi Riau diperkirakan berkisar antara 0,5 hingga 1,25 meter (kategori rendah).

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan terus memantau perkembangan cuaca melalui saluran resmi. Antisipasi dini terhadap potensi cuaca ekstrem sangat penting untuk keselamatan dan kenyamanan bersama.