Heboh! Orang Utan Setinggi Rumah Datangi Pemukiman di Kaltim

Orang Utan Viral

Jakarta, Satuju.com - Media sosial mengunggah video penampakan orang utan berkeliaran di permukiman yang diduga berada di Kutai Timur, Kalimantan Timur (Kaltim). Orang utan itu berukuran raksasa bahkan disebut setinggi rumah.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim tengah menelusuri video orang utan yang terekam seorang pengendara itu. Hingga saat ini, BKSDA belum dapat memastikan lokasi pasti orang utan berada.

"Dari kemarin kami sudah melakukan upaya identifikasi dan penelusuran dari media sosial dan lain-lain. Kemudian juga dari kemarin sampai hari ini teman-teman WRU (Wildlife Rescue Unit) kami juga mencari lokasinya yang dimaksud (Kutim)," kata Kepala BKSDA Kaltim Ari Wibawanto, Senin (8/7/2024) dikutip dari detikSulsel.

Dari video yang beredar tampak orang utan berada di sebuah pohon dekat pemukiman warga. Dalam video itu terlihat ukuran orang utan saat berdiri tingginya hampir mencapai rumah warga.

Ari menerangkan, orang utan yang terekam warga tersebut merupakan orang utan jantan berusia senior. Meski memang tergolong besar secara ukuran, sudut pengambilan gambar diduga juga turut membuat kesan raksasa pada orang utan itu.

"Lihat angle videonya, itu kan diambil dari bawah, kemudian juga rumah itu kita nggak tahu jaraknya kayak gimana. Jadi itu karena angle aja sih pengambilan videonya juga cukup bagus. Kesannya jadi besar," ungkapnya.