Gelar Demonstrasi 9 Tahun Rezim Jokowi, Mahasiswa Geruduk Area Patung Kuda

Demonstrasi sembilan tahun pemerintahan Jokowi digelar di area Patung Kuda

Jakarta, Satuju.com - Demonstrasi sembilan tahun pemerintahan Jokowi digelar di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat oleh massa aksi dari Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI), Jumat (20/10/2023).

Melansir CNNIndonesia, massa tiba sekitar pukul 15.30 WIB dengan menggunakan atribut kampus dan organisasi masing-masing. Satu mobil komando membawa rombongan massa.

“Hidup pelajar, hidup pelajar,” kata salah seorang orator dari mobil komando.

"Sembilan tahun tidak ada yang baik, konflik agraria di mana-mana, tanah adat, penghapusan perkebunan dengan proyek setan nasional. Jokowi harus dikasih rapor merah," imbuh orator.

Sementara itu, aparat kepolisian terlihat telah berjaga di belakang barier beton yang dipasang di Jalan Medan Merdeka Barat.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan sebanyak 1.611 personel Polri-TNI dan Pemprov DKI diturunkan untuk pengamanan demo.

Sebelumnya, dalam undangan aksi demo yang beredar, unjuk rasa ini digelar sebagai bentuk tanggapan atas putusan MK yang dinilai dapat melanggengkan praktik KKN.

Aksi tersebut juga bertepatan dengan sembilan tahun pemerintahan Jokowi.

Aksi ini juga bertepatan dengan momentum 9 tahun Jokowi menjabat sebagai Presiden. BEM SI berpandangan bahwa Jokowi telah hidup dalam reformasi. Terbukti dari berbagai contoh dan kebobrokan dari segi Hukum, HAM, Komersialisasi Pendidikan, Represifitas Aparat, Konflik Agraria, dan Investasi Yang Membelakangi hak- hak rakyat,” demikian tertulis dalam undangan yang beredar.