satuju.com

Copyright © satuju.com
All rights reserved
Desain by : Aditya

Giat Saburo Yayasan JKPN, Salurkan  Paket Sembako Kepada Masyarakat yang Membutuhkan

Kampar, Satuju.com - Yayasan Jejak Kaki Peduli Negeri (JKPN) kembali melaksanakan kegiatan Saburo (Sabtu Tadabbur Alam dan pembagian Sembako) yang dilaksanakan di kawasan lahan perkebunan Kampung Aren Kurma Indonesia di jalan Garuda sakti km 10 Desa Karya Indah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, Sabtu (02/10/21).


Kegiatan Saburo merupakan agenda bulanan yayasan JKPN yang dilaksanakan setiap hari sabtu di awal bulan, dimana dalam rangkaian kegiatannya diisi dengan pengajian serta pembagian paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan yang berdomisili di sekitar kawasan perkebunan PT. Kampung Aren Kurma Indonesia (PT. KAKI).


Pada giat saburo kali ini, mengusung tema pengobatan ala rasulullah atau yang dikenal dengan tibunnabawi yang disampaikan oleh ustad Muhammad Doni, M.KM.


Sebelum ustad Muhammad Doni menyampaikan kajiannya, diawali dengan kata sambutan oleh direktur PT. Kampung Aren Kurma Indonesia Ahlul Amalsyah, S.IP.


Ahlul Alamsyah mengatakan yayasan JKPN merupakan bentuk kepedulian dari PT. KAKI kepada masyarakat yang tidak mampu, dimana cikal bakal dari terbentuknya yayasan JKPN ini untuk mengelola keuntungan yang disisihkan oleh PT KAKI agar dapat menyalurkan bantuan kepada masyarat yang membutuhkan.


“Bentuk dari komitmen, sebanyak 10 persen dari keuntungan PT. KAKI kami sisihkan untuk kegiatan sosial yang kami sebut dengan saham ALLAH” ujar dirut PT. KAKI dihadapan para masyarakat dan donatur yang menghadiri kegiatan saburo itu.


“Melihat progres dari yayasan yang bagus, banyak kaum muslimin yang turut andil menjadi donatur, dan bahkan ada sorang donatur yang mewakafkan rumahnya untuk dipergunakan oleh yayasan, apakah nantinya akan digunakan untuk rumah tahfiz ataupun digunakan untuk kegiatan ekonomi umat”  tutur Ahlul.


Direktur PT. KAKI itu menegaskan tidak akan mengambil keuntungan dari yayasan JKPN, karena “yayasan ini merupakan milik umat, meski pun ada dari pihak PT KAKI yang menjadi pengawas ataupun pembina, kami tidak akan mengambil keuntungan, artinya yayasan ini milik umat dan akan kembali kepada umat” kata Ahlul Amalsyah.


Dipenghujung sambutannya ia menekankan kegiatan saburo memiliki tujuan untuk mendalami ilmu agama supaya ghiroh keislaman yang tertanam didalam diri umat islam tidak hilang, “jadi sempatkanlah datang untuk mengikuti kegiatan sabguro ini” tutup Ahlul Amalsyahh.


Usai sambutan dari direktur PT. KAKI, acara dilanjutkan mendengar kajian yang disampaikan oleh ustad Muhammad Doni M. KM.


Dalam kajiannya ustad Doni mengatakan ketika seseorang ditimpa penyakit, hal pertama yang harus dilakukannya  ialah melakukan instrospeksi diri.


“kesalahan apa yang pernah saya lakukan sehingga ALLAH menegur saya melalui penyakit yang saya darita ini” kata ustad Doni menjelaskan  kepada para hadirin mengenai maslah utama dari suatu penyakit bukan hanya berasal dari virus, bakteri ataupun makanan, melainkan berasal dari masalah spiritual.


Dan yang penting sekali tidak boleh cemas sambung Ustad Doni. ia menjelaskan bahwa rasa cemas dan rasa takut didalam diri seseorang yang membuat sakit semakin parah.


“Artinya lakukan instropsi diri, dan bertaubat kepada ALLAH” ujar ustad Doni.


Ustad Doni menerangkan, didalm pengobatan nabawi,  masalah spiritual mempengaruhi sebanyak 50 persen, masalah emosional mempengaruhi sebanyak 20 persen, masalah mental sebanyak 20 persen, dan masalah fisik sebanyak 10 persen.


“Sementara yang kita lakukan selama ini yang 10 persen, kalau kita sakit, yang kita kerjakan yang 10 persen, sementara yang 90 persen lagi malah diabaikan”.


Maka dari itu utuk memulai pengobatan terlebih dahulu yang harus dilakukan ialah bermuhasabah dulu atau instrospeksi dan bertaubat, kemudian membaca al-qur`an sedikitnya selama 30 menit. Kemudian rutin mengkonsumsi madu, "kata ustad Doni 


Usai mendengarkan kajian, acara dilanjutkan dengan pembagian sembako kepada 20 warga. 


Ketua RT 07 RW 02 Dusun II Sungai Pantau Desa Karya Indah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar bapak Muzahar disela acara Saburo, saat menjawab pertanyaan awak media mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan setiap hari sabtu awal bulan oleh yayasan JKPN 


“Masyarakat sangat antusias akan kegiatan ini, dan sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat” kata Muzahar.

#Pejuang kebaikan mari kita dukung kegiatan Saburo ini dengan donasi ke yayasan Jejak Kaki Peduli Negeri jalan Rajawali Sakti, Ruko Royal Platinum No. 7 Kelurahan Tobek Godang kecamatan Bina Widya Kota Pekanbaru 

Atau transfer melalui rekening yaysan:

BSI-1945-000-555

a.n yayasan Jejak Kaki Peduli Negeri


(konfirmasi transfer : Telp/ WA 0822 8610 5055)

Email: jejakkakipedulinegeri@gmail.com